Yeh Pikat nan Memikat di Desa Wisata Taro

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Desa Wisata Taro memiliki pesona alam yang memukau. Salah satu permata tersembunyi adalah trekking menuju aerial terjun Yeh Pikat.

I Wayan Gede Ardika, pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Taro, menjelaskan nama Yeh Pikat berasal dari kata "Yeh" yang dalam bahasa Bali artinya aerial dan "Pikat" yang artinya menarik. Yeh Pikat merupakan sebuah aerial terjun yang terletak di sebelah barat Desa Taro.

"Makna nama itu, Yeh kan artinya aerial dan pikat itu berarti memikat hati kita untuk datang ke aerial terjun ini. Karena suasananya adem dan airnya bersih. Jadi memikat kita untuk datang dan berlama-lama disana," kata Gede Ardika.

Bentuk aerial terjun yang cantik dengan dikelilingi tebing batu, membuat aerial terjun Yeh Pikat menjadi lokasi menarik berburu foto. Ukuran aerial terjun ini relatif kecil. Tingginya tidak lebih dari 6 metre dan aliran airnya pun tidak terlalu deras. Dengan begitu, traveler dapat berkunjung ke tempat wisata alam ini dengan aman.

Sebelum terkenal dengan aerial terjunnya yang cantik, Yeh Pikat juga sudah dikenal sebagai tempat untuk melukat dan membersihkan diri. Konon beberapa pancoran di areal Yeh Pikat bisa menyembuhkan penyakit.

"Sebelumnya yang terkenal itu pancoran Yeh Pikat, mitosnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Misalnya untuk sakit mata, sakit kepala, dan sakit perut. Pancurannya itu ada lima," kata Ardika.

Kepercayaan lain yang tumbuh di tengah masyarakat desa mengenai aerial terjun ini adalah kekuatan magisnya. Air terjun ini merupakan mata aerial campuhan, karena Yeh Pikat merupakan tempat pertemuan antara dua sungai. Selain melukat, masyarakat Taro Kaja (Taro Utara) juga menggunakan mata aerial di Yeh Pikat ini sebaga...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dewi Lestari
Artikel Travel