Modal Bagus Parekraf SDM Didominasi Pemuda, Tinggal Gaspol

Sedang Trending   by: Taufik 6 jam yang lalu

Jakarta -

Target usia pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif disebut sudah sesuai. Kini, hanya perlu gaspol.

Mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) di sektor parekraf berdampak pada ekosistem yang semakin baik. Pemerintah pun terus mengupayakan untuk menjaganya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Keemenparekraf) memfokuskan pada beberapa hal untuk mencapainya, seperti sertifikasi berstandar world dan juga kompetensi sesuai level.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deputi Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Kemenparekraf, Martini Mohamad Paham, menerangkan ekosistem parekraf harus diisi oleh orang-orang yang kompeten. Martini menilai ada satu keunggulan yang dimiliki Kemenparekraf saat ini, yaitu peserta yang banyak mengikuti pengembangan parekraf adalah generasi muda. Dia berharap ke depan bisa semakin bertambah dari segi jumlah juga semakin meluas ke berbagai lini usia.

"Range-nya alhamdulilah sesuai dengan usia produktif yaitu angka yang paling banyak adalah Generasi Milenial dan Gen Z, ini sampai 30 hingga 40 persen. Jadi ini memang sesuai dengan harapan kita, kita perlu meng-grooming anak-anak muda dan itu usia produktif yang menjadi sasaran," ujar Martini dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Arah Kebijakan SDM Parekraf 2025-2029 di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Diah menjelaskan pelatihan SDM parekraf itu dilakukan secara bertahap dan dibagi menjadi tiga level yakni tingkat dasar, tingkat lanjutan, dan tingkat expert. Dia merujuk kepada undang-undang.

Untuk tingkat dasar diserahkan kepada profesional, kemudian tingkat lanjut tanggung jawabnya p...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Taufik
Artikel Travel