Yeay! Otter Laut yang Terancam Punah Kembali Terlihat di Jepang

Sedang Trending   by: Intan Putri 2 bulan yang lalu

Hokkaido -

Jepang sempat mengalami krisis otter laut liar di sepanjang pantai timur Hokkaido. Semua gegara turis!

Dilansir dari Asahi Shimbun pada Minggu (28/7), para ahli memperkirakan ada lebih dari 50 otter laut yang hidup di sana.

Berkat berbagai kegiatan konservasi, populasi otter laut telah meningkat hingga sekitar 130.000 ekor di seluruh Samudra Pasifik Utara sejak tahun 2000-an.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti Rusia menemukan bahwa jumlah otter laut telah meningkat pesat di pulau-pulau Habomai, yang merupakan bagian dari Teritori Utara yang disengketakan di lepas pantai Hokkaido yang juga diklaim oleh Rusia.

Seiring dengan peningkatan jumlah otter laut di pulau-pulau Teritori Utara, demikian pula jumlah otter laut di sepanjang pantai timur Hokkaido.

Kaoru Hattori, seorang ahli mamalia laut yang bekerja untuk Institut Sumber Daya Perikanan Badan Penelitian dan Pendidikan Perikanan Jepang, mengatakan otter yang saat ini tinggal sebagian besar berada di sekitar wilayah pesisir dari Nemuro hingga kota Kushiro, yang jaraknya 100 kilometer jika diukur dari garis lurus.

"Otter laut yang saat ini terlihat di lepas pantai Hokkaido timur berasal dari pulau-pulau Habomai bersama anak-anaknya untuk mencari tempat makan baru," kata Hattori.

Jumlah otter laut di Samudra Pasifik utara diperkirakan berkisar antara sekitar 150.000 hingga 300.000 hingga abad ke-18. Namun, perburuan berlebihan untuk bulunya menyebabkan jumlah berang-berang laut turun menjadi sekitar 2.000 ekor pada awal abad ke-20.

The Interna...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Intan Putri
Artikel Travel