Tradisi Gramak Iwak di Banjarnegara, Ribuan Warga Kompak Berburu Ikan

Sedang Trending   by: Gungun 2 bulan yang lalu

Banjarnegara -

Setiap tahun, ribuan warga Banjarnegara mengikuti tradisi gramak iwak. Mereka tumpah ruah memenuhi Sungai Serang untuk berburu ikan.

Tradisi yang digelar rutin tiap tahun ini langsung disambut warga dari berbagai daerah. Mereka kompak masuk ke sungai setelah diberi aba-aba oleh panitia.

Keceriaan langsung tergambar saat peserta mendapatkan ikan yang telah ditebar sebelumnya oleh panitia. Salah satunya adalah Kasno, salah satu peserta gramak iwak atau berburu ikan. Ia mengaku mendapatkan ikan lele dan bawal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tadi dapat ikan lele dan bawal. Rasanya ramai berburu ikan bareng-bareng," ujarnya usai mengikuti tradisi gramak iwak, Minggu (28/7/2024).

Nantinya, ikan yang didapat akan dibawa pulang untuk dimasak bersama keluarga di rumah. Ia berharap agar tradisi gramak iwak bisa terus dilakukan setiap tahunnya.

"Rencananya akan dimasak di rumah bareng keluarga. Semoga tahun depan akan ada lagi tradisi seperti ini," imbuhnya.

Keceriaan juga dirasakan Sifa. Meski tidak satu ekor ikan pun didapat, namun ia mengaku tetap senang. Mengingat bisa bernostalgia masa kecil bermain di sungai.

"Saya nggak dapat ikan. Ini saya dan teman-teman semuanya nggak ada yang dapat. Tapi tetap senang di sini bisa mengingat jaman dulu bermain di sungai," kata dia.

Ketua panitia Gramak Iwak, Jarwadi, mengatakan panitia telah menyebar empat kuintal ikan ke sungai serang. Tradisi ini rutin dilakukan setiap bulan Muharram.

"Ini tradisi rutin setiap bulan sura atau Muharam. Untuk tahun ini ikan yang ditebar empat kuintal lebih," terangnya.

Dalam tradisi ini, tidak hanya diikuti ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Gungun
Artikel Travel