Terpopuler: Jurnalis Dicopet, Wanita Diperkosa di Paris

Sedang Trending   by: Taufik 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Olimpiade 2024 Paris dibayangi perampokan dan kekerasan terhadap delegasi negara lain. Sebelum opening ceremony, turis diperkosa dan ada yang dicopet.

Pada artikel yang populer di detikTravel, Kamis (25/7/2024). kemalangan itu menimpa dua jurnalis dari media Australia. Mereka menjadi korban perampokan dan diserang saat berada di Paris untuk meliput Olimpiade pada Rabu.

Sebelumnya, pada Sabtu (20/7), wanita asal Australia diserang dan diperkosa oleh lima pria.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Insiden mengenaskan itu menjadi catatan buruk bahkan sebelum Olimpiade dimulai.

"Ada juga risiko kejahatan serius seperti penyerangan, pelecehan seksual dan perampokan, serta kejahatan kecil seperti penjambretan tas dan pencurian paspor," kata lembaga Smart Traveller yang dikelola pemerintah Australia.

Dosen Senior Keselamatan Publik dan Risiko Bencana UNSW, Dr Milad Haghani, memperingatkan bahwa turis adalah sasaran empuk dan turis.

"Turis yang tidak terbiasa dengan bahasa lokal dan daerah berisiko tinggi merupakan sasaran empuk. Mereka sering kesulitan untuk melaporkan kejahatan dan menavigasi sistem lokal setelah terjadi insiden, dan para penjahat menyadari hal ini dan memanfaatkannya," ujarnya.

"Hal itu membuat para turis menjadi rentan dan memberikan kesempatan bagi para penjahat untuk mengeksploitasi situasi tersebut," dia menambahkan.

Menurutnya, kewaspadaan adalah kuncinya. Selain itu, sikap cuek terhadap keamanan dapat membuat turis menjadi lebih rentan. Traveler sebaiknya menghindari bepergian sendirian, menjaga barang-barang pribadi tetap aman, hingga tinggal di daerah yang ser...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Taufik
Artikel Travel