Saat Ahli UI Ajari Suku Baduy Budidaya Hanjeli yang Hampir Punah

Sedang Trending   by: Putra Joko 2 bulan yang lalu

Leuwidamar -

Suku Baduy diajari budidaya Hanjeli oleh ahli dari Universitas Indonesia (UI). Hanjeli adalah tanaman lokal yang hampir punah namun kaya akan manfaat.

Prof. Dr. apt. Berna Elya, M.Si. dan Dr. Fiky Yulianto Wicaksono, S.P., M.P dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia menyerahan bibit hanjeli kepada warga suku Baduy di desa Leuwidamar, kecamatan Leuwidamar Lebak, Banten.

Tak hanya menyerahkan, para ahli dari UI itu juga mengajari masyarakat Baduy di desa Kanekes bagaimana cara untuk menanam bibit hanjeli yang sudah disiapkan. Penanaman bibit hanjeli bahkan didampingi langsung oleh Dr Fiky.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dr Fiky memberikan arahan tentang teknik penanaman yang tepat. Masyarakat setempat turut serta secara langsung dalam menanam biji hanjeli di lahan yang telah disediakan.

Setelah penanaman bibit hanjeli, kegiatan dilanjutkan dengan sesi edukasi yang dipandu oleh Prof Berna Elya. Ia lalu menjelaskan manfaat dan potensi besar Hanjeli.

"Hanjeli sebagai sumber pangan dapat membantu meningkatkan gizi, khususnya dalam mencegah stunting. Diversifikasi pangan lokal itu penting dan hanjeli bisa menjadi pilihan sehat untuk masyarakat Baduy, terutama dalam mendukung pertumbuhan anak-anak," ucap Prof Berna kepada detikTravel, Rabu (14/8/2024).

Mahasiswa UI edukasi suku BaduyMahasiswa UI edukasi suku Baduy Foto: (dok. Istimewa)

Kegiatan yang dilakukan tim dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (F...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Putra Joko
Artikel Travel