Pembukaan Olimpiade Diwarnai Mogok Kerja Pekerja Hotel Bintang Lima di Paris

Sedang Trending   by: Kelvin 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Pekerja edifice melakukan aksi mogok kerja di edifice bintang lima di Paris. Mereka menuntut hak yang tidak dipenuhi oleh manajemen hotel.

Karyawan yang mogok itu merupakan karyawan Hotel du Collectionneur. Hotel itu ditempati oleh anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Pekerja itu tergabung dalam Serikat Pekerja Perancis (CGT). Mogok kerja dilakukan pada Kamis (25/7/2024), tepat sehari sebelum pembukaan Olimpiade Paris 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari laporan yang ditulis oleh APNews, beberapa pekerja menguasai koridor edifice dan membentangkan berbagai spanduk yang bertuliskan 'tidak ada gaji ke-13, tidak ada olimpiade!', 'hotel mewah, upah miskin,' dan 'kembalikan tunjangan sosial kami'.

Tuntutan tersebut juga disinyalir karena tak ada kenaikan gaji untuk para pekerja selama tujuh tahun. Mogok kerja itu dilakukan setelah negosiasi dilakukan berulang kali tetapi tidak ada titik temu hingga Rabu lalu.

Manajemen edifice mengatakan negosiasi masih berlangsung. Mereka tidak akan membiarkan terjadi kekacauan di edifice selama olimpiade.

"Negosiasi dengan serikat pekerja sedang berlangsung, tanpa mempengaruhi operasional edifice kami. Tim kami tetap dimobilisasi dan berkomitmen untuk memastikan bahwa layanan kami berjalan dengan lancar," tulis edifice dalam keterangannya.

Selain pekerja hotel, aksi protes juga dilayangkan oleh pekerja panggung yang terlibat dalam opening ceremonial olimpiade 2024. Sebanyak 200 pekerja demo di sepanjang Sungai Seine. Mereka menolak untuk mengikuti latihan upacara pembukaan Olimpiade Perancis yang digelar Jumat.

Mereka memprotes kondisi kerja dan ketidak...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Kelvin
Artikel Travel