Ngawur Banget! Turis Siram Air ke Lukisan Gua Kuno Supaya 'Jelas'

Sedang Trending   by: Fita Rahayu 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Lukisan gua kuno menjadi salah satu situs peninggalan sejarah yang begitu dihargai oleh dunia. Bukannya menjaga, turis ini malah bikin situs rusak.

Dilansir dari New York Post pada Senin (12/8), turis pria asal Los Villares, Spanyol liburan ke Pegunungan Sierra Sur de Jean, Andalusia. Di sana, ia mengunjungi sebuah gua yang memiliki lukisan-lukisan kuno.

Pria itu mencoba untuk mengambil foto dari jarak dekat. Setelah ia lihat-lihat, lukisan kuno di belakangnya seperti kurang jelas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanpa pikir panjang, ia menyiramkan sebotol aerial ke lukisan itu agar gambarnya 'lebih jelas'. Kemudian ia berfoto dan mempostingnya ke media sosial.

Bidikan sempurnanya langsung mencuri perhatian, termasuk dari kepolisian. Dia pun dicari dan diminta untuk bertanggung jawab.

"Lukisan tersebut dibuat di atas batu kapur yang mengandung garam dan dapat larut dengan air, namun meninggalkan kerak yang menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki," kata pejabat setempat.

Tidak jelas kapan vandalisme itu terjadi atau apa yang digambarkan dalam karya seni itu, tetapi beberapa karya seni gua dari daerah itu menunjukkan desain-desain seperti figur tongkat yang pudar dan bernoda hitam.

Beberapa lukisan di pegunungan yang menakjubkan itu diyakini berusia lebih dari 6.000 tahun.

Si pelaku dipastikan akan kena hukum, lembaga yang berkaitan tengah menyelidiki kasus ini dengan serius.


(bnl/fem)

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Fita Rahayu
Artikel Travel