Kampung Wisata Citepus Melawan Penggusuran

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 2 bulan yang lalu

Sukabumi -

Kampung wisata Citepus di Sukabumi terancam isu penggusuran. Warga pun melawan!

Sebuah spanduk membentang di salah satu warung di kawasan Kampung Pantai Wisata, RT 04 RW 03 Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Spanduk itu terpampang jelas karena berada di akses utama Jalan Raya Sukabumi, tepatnya di Jalan Citepus-Cisolok. Huruf kapital tertulis besar-besar di spanduk itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Posko Warga RT 004/003 Citepus Bersatu Menuntut Keadilan Karena Terkena Dampak Penggusuran Lahan".

"Kami menolak rencana pemberian uang kerohiman, yang kami minta itu ganti untung bangunan yang layak dan sesuai. Kemudian tempat usaha layak di lokasi yang sama dengan tempat tinggal layak," kata Heryanto, koordinator warga Citepus pada Kamis (1/8).

Penolakan itu bermula dari kabar yang diterima warga pada bulan Mei kemarin, lalu berlanjut pada pertemuan dengan sejumlah pihak atas inisiasi Dinas Lingkungan Hidup, Desa Citepus, BKSDA dan KLHK.

Gejolak mulai terasa saat kabar penggusuran diterima warga Citepus. Mereka bakal menerima uang kerohiman yang diberikan sebesar Rp 10 juta.

"Dari 200-an warga di sini ada sekitar 110 warga pemilik rumah atau bangunan yang terkumpul di grup kita, yang memang satu mufakat untuk musyawarah dimulai di bulan Mei. Rencananya akan dibuat oleh investor atau pihak ke tiga untuk dibuat taman dan ditata," ujarnya.

Heryanto menegaskan, pihaknya menyadari lahan yang ditempati lalu dibangun warung tersebut adalah milik pemerintah. Namun saat inisudah ada ratusan jiwa yang menggantungkan kehidupannya dari berjualan di kawasan tersebut selama puluha...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Joko Sanjaya
Artikel Travel