Kabar Gembira! 106 Telur Buaya Paling Langka Ditemukan di Alam Liar

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 2 bulan yang lalu

Phnom Penh -

Para ahli konservasi di Kamboja girang bukan main. Mereka menemukan 106 telur buaya siam yang sangat langka!

Dilansir dari VN Express pada Senin (22/7/2024), Kementerian Pertanian dan Lingkungan hidup bersama dengan kelompok konservasi Fauna & Floratelur menyatakan telur itu ditemukan di Taman Nasional Cardamom pada Mei 2024. Kemudian, pada 27-30 Juni, sebanyak 60 telur berhasil menetas.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa kawasan tersebut merupakan residence utama bagi buaya liar, sehingga memberikan harapan bagi pemulihan spesies tersebut," kata pernyataan itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Spesies buaya itu pernah tersebar luas di Asia Tenggara, namun kini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Buaya itu hampir punah pada 1990an akibat kombinasi perburuan liar, perusakan habitat, dan persilangan dengan spesies buaya lainnya.

Menteri Lingkungan Hidup Kamboja, Eang Sophalleth, mengatakan kementeriannya sedang berupaya melakukan konservasi dan pemulihan residence buaya Siam yang terancam punah ini.

"Buaya siam berperan penting dalam ekosistem dan penemuan lima jaring yang berhasil menetaskan 60 butir telur mencerminkan bahwa Taman Nasional Kapulaga merupakan residence yang aman dan cocok bagi spesies tersebut," kata Sophalleth.

Dipercayai hanya sekitar 1.000 buaya siam yang tersisa di alam liar, dan lebih dari 300 di antaranya berada di Kamboja.

Pada tahun 2017, peneliti satwa liar menemukan enam telur di distrik Sre Ambel di provinsi selatan Koh Kong saat mereka menjelajahi jejak dan tanda-tanda reptil tersebut. Kemudian pada bula...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dayak Santoso
Artikel Travel