Jokowi Kenakan Baju Adat Takwo Khas Kaltim saat HUT ke-79 RI di IKN

Sedang Trending   by: Gungun 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengenakan berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia kala menjadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kali ini, baju adat Takwo khas Kalimantan Timur yang dikenakan.

Jokowi hadir dengan pakaian adat Takwo dengan balutan baju beludru hitam dan corak ukiran emas di pergelangan tangan, pundak, dada, hingga kerah. Sementara bagian bawah Jokowi mengenakan celana panjang hitam dibalut kain motif batik. Untuk kepala, ia mengenakan topi dengan motif emas dan berbulu hitam.

Ia didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo yang juga menggunakan pakaian yang sama. Iriana mengenakan rok hitam dibalut kain batik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun baju adat Takwo adalah warisan Kesultanan Kutai. Mengutip detikSulsel, dulunya baju adat Takwo hanya dikenakan oleh raja dan keturunannya. Namun seiring waktu, masyarakat umum dapat mengenakannya di momen-momen tertentu.

Baju adat Takwo dibedakan menjadi tiga macam. Yaitu Baju takwo biasa yang khas untuk perempuan, baju takwo sebelah yang khas untuk laki-laki dan baju takwo kustim untuk pasangan pengantin.

Jan Ethes bersama Gibran Rakabuming pakai baju adat Papua.Jan Ethes bersama Gibran Rakabuming pakai baju adat Papua. (dok Channel YouTube Sekretariat Presiden)

Dalam Upacara HUT ke-79 RI, Jokowi melaksanakannya di IKN. Sementara itu, sang anak sekaligus Wakil Presiden (Wapres) terpilih RI, Gibran Rakabuming Raka mengikuti upacara peringatan di Istan...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Gungun
Artikel Travel