Jalan Appia Lolos, Italia Rekor Terbanyak Warisan Dunia UNESCO

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Via Appia Antica atau Jalan Appia di Italia masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Negeri pizza pun menjadi negara dengan daftar terbanyak warisan dunia UNESCO.

Kini, Italia memiliki situs warisan dunia UNESCO mencapai 60 situs.

Jalan Appia adalah jalanan yang dibangun oleh bangsa Romawi Kuno. Jalanan yang menghubungkan Roma dengan Pelabuhan Brindis di selatan itu disebut sebagai sebuah revolusi dalam pembangunan jalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bagian pertama jalanan dibangun pada tahun 312 SM oleh negarawan Romawi bernama Appius Claudius Caecus. Jalan itu fungsinya sebagai koridor strategis untuk keperluan militer.

Pada saat itu satu-satunya jalan di luar Roma Kuno adalah Jalan Etruria untuk menuju Etruria yang berada di wilayah Italia Tengah. Dan hingga saat ini, jalanan sepanjang 17 kilometer yang konturnya bebatuan itu masih tersimpan apik dan dilestarikan di bawah tanggung jawab Taman Arkeologi Appia Antica.

Melansir The Guardian, Selasa (30/7/2024) Jalan Appia merupakan situs populer bagi kalangan penggemar sejarah, pejalan kaki hingga pesepeda sebagai sebuah tujuan hiburan dan edukasi.

Via Appia Antia atau Jalan Appia masuk daftar situs warisan dunia UNESCOVia Appia Antia atau Jalan Appia masuk daftar situs warisan dunia UNESCO (Getty Images/GummyBone)

Jalanan itu diapit oleh sisa-sisa saluran aerial dan bekas bangunan villa era Romawi Kuno, kemudian di bawah jalan setapak ini terdapat jaringan Katakombe yang luas...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel