Gempa M 7,1 Guncang Jepang, Penerbangan Dibatalkan-Jendela Bandara Pecah

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 bulan yang lalu

Tokyo -

Gempa bumi kembali mengguncang Jepang dengan kekuatan M 7,1 skala Richter. Bandara dan penerbangan terdampak.

Dilansir dari Japan Today, gempa terjadi pada Kamis (8/8/2024) pada pukul 16.43 waktu setempat pada kedalaman 30 kilometer, dengan episentrum di laut Hyuganada di lepas pantai Prefektur Miyazaki.

Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran menyatakan sembilan orang terluka di Prefektur Miyazaki dan Kagoshima di Kyushu hingga pukul 19.30 waktu setempat. Di antara jumlah korban itu, tujuh orang mengalami luka ringan sedangkan tingkat cedera untuk dua orang lainnya belum bisa dipastikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan tanah longsor terjadi di Shibushi di Prefektur Kagoshima.

Badan Meteorologi sempat merilis peringatan tsunami. Badan itu juga memperingatkan bahwa warga di daerah yang terkena dampak harus waspada terhadap gempa bumi berkekuatan hingga M 6 skala Richter selama seminggu ke depan, terutama selama dua atau tiga hari ke depan.

Di daerah-daerah yang getarannya terasa kuat, risiko bangunan runtuh dan tanah longsor akan meningkat. Badan tersebut juga memperingatkan orang-orang untuk tetap waspada terhadap aktivitas gempa dan hujan.

Tsunami setinggi 50 sentimeter tercatat di Pelabuhan Miyazaki pada pukul 17.14, gelombang setinggi 40 cm mencapai Pelabuhan Aburatsu di pantai Nichinan di Miyazaki pada pukul 17.23 waktu setempat, dan gelombang setinggi 30 cm mencapai Tosashimizu di Kochi pada pukul 17.46 waktu setempat. Semua peringatan tsunami dicabut pada pukul 22.00 waktu setempat...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel