Beda Nasib dengan Stonehenge, Biara Kuno Gaza Jadi Situs Terancam UNESCO

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 2 bulan yang lalu

Gaza -

Biara kuno di Gaza yang telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Status biara ini pun ditetapkan ke dalam daftar situs terancam dunia. Keputusan tersebut diambil oleh UNESCO, Jumat lalu di New Delhi, India.

Melansir dari Arab News, Sabtu (27/7/2024), biara kuno itu didirikan oleh Saint Hilarion pada 350 Masehi dan biara tersebut masuk ke dalam Tell Umm Amer yang merupakan situs arkeologi yang letaknya di wilayah pengungsian Nuseirat di Provinsi Deir Al-Balah, Gaza.

Pengajuan jadi situs terancam itu sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu dan baru bisa ditetapkan baru-baru ini karena situasi yang darurat. Duta Besar dan delegasi tetap Palestina untuk badan kebudayaan PBB, Mounir Anastas mengapresiasi capaian tersebut sebagai harapan bagi warga Gaza atas serangan dari Israel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mounir juga mengatakan sudah lebih dari 40.000 orang meninggal akibat serangan itu dan memporakporandakan sebagian besar infrastruktur di wilayah tersebut.

"Ini merupakan sebuah harapan bagi kami rakyat Gaza yang melarikan diri dari serangan bom, yang tidak memiliki tempat berlindung, tidak ada air, dan tidak punya makanan. Meski demikian mereka berkomitmen untuk melindungi warisan mereka, warisan ini adalah bagian dari memori dan sejarah rakyat kami," tegas Mounir.

Awalnya pengajuan situs itu dilakukan oleh Belgia yang didukung 18 anggota Komite Warisan Dunia, yang menggunakan prosedur darurat yang ditetapkan dalam konvensi warisan dunia. Dan akhirnya Biara Saint Hilarion ditetapkan sebagai situs warisan dunia dengan position dalam bahaya.

Berdasar dari ketentuan konvensi, 195 negara termasu...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dayak Santoso
Artikel Travel