Baju Adat yang Dipakai Jokowi saat Upacara 17 Agustus dari Masa ke Masa

Sedang Trending   by: Kelvin 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Setiap Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menggunakan baju adat yang berbeda dari sejumlah daerah di Indonesia. Tradisi itu telah dilakukannya sejak tahun 2017.

Lalu, pakaian adat apa saja yang telah dikenakan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara dalam setiap kesempatan? Mengutip laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini daftarnya:

1. Baju Adat Tanah Bumbu (2017)

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Kalimantan saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-72 RI di Istana Merdeka.Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Kalimantan saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-72 RI di Istana Merdeka. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Kali pertama Jokowi menjadi Inspektur Upacara adalah pada HUT ke-72 RI. Kala itu ia menggunakan baju adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ciri dari baju adat itu adalah penggunaan kain tenun pegatan pada sarung, serta laung atau penutup kepala. Konon, sarung yang digunakan itu merupakan simbol manusia yang tampil dan pekerja keras. Sementara Laung disimbolkan sebagai kewibawaan dan keperkasaan.

2. Baju Adat Aceh (2018)