Kamala Harris Resmi Diusung Partai Demokrat Jadi Capres AS

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 11:30 WIB

Kamala Harris resmi terima nominasi capres dari Partai Demokrat, bakal melenggang di pilpres AS November 2024. Kamala Harris resmi diusung Partai Demokrat maju ke pilpres AS 2024. Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Amerika SerikatKamala Harris, resmi diusung Partai Demokrat menjadi calon presiden AS dari partai tersebut untuk pemilu November 2024 mendatang. 

Pengusungan itu dilakukan dalam Konvensi Nasional Demokrat di Chicago, Kamis (22/8) malam waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Atas nama rakyat, atas nama setiap orang Amerika, terlepas dari partai, ras, jenis kelamin alias bahasa nenek moyang, atas nama ibu saya dan semua orang nan pernah memulai perjalanan susah mereka sendiri, atas nama orang-orang nan tumbuh berbareng saya, orang-orang nan bekerja keras, mengejar angan mereka dan saling menjaga, atas nama semua orang nan kisahnya hanya bisa ditulis di negara terbesar di Bumi, saya menerima nominasi Partai Demokrat untuk menjadi Presiden Amerika Serikat," kata Harris ketika menerima pencalonan tersebut, nan disambut sorak sorai kader Demokrat, demikian dikutip CNN.

Harris adalah wanita kulit hitam pertama dan orang Asia-Amerika pertama nan memegang tiket calon presiden AS dari partai Demokrat. Jika terpilih, dia bakal menjadi wanita dan presiden India-Amerika pertama di AS.

Harris sebelum konvensi sudah meminang Gubernur Minnesota Tim Walz sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden AS pada 5 November mendatang.

Walz pun sudah menerima tiket kandidat cawapres dari Demokrat sehari sebelum Harris.

Dalam kontestasi ini, Harris dan Walz bakal bertanding dengan pasangan capres-cawapres dari Partai Republik, Donald Trump dan JD Vance.

Trump dan Vance sudah resmi diusung sebagai calon dari Partai Republik sejak Juli lalu.

(blq/dna)

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Joko Sanjaya
Artikel Internasional