Pria ini Idap Kanker Mulut, Lidahnya Terpaksa Dipotong Sebagian

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 22 jam yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Kanker mulut menjadi salah satu kanker nan jarang terjadi. Kendati demikian, penyakit ini lebih memungkinkan terjadi pada laki-laki dengan akibat dua kali lipat dibandingkan wanita.Terbaru, penyakit ini menimpa laki-laki asal Stafford, Inggris. Pria berjulukan Barman Dan Durant itu didiagnosis menderita kanker mulut nan membikin lidahnya kudu dipotong sebagian.

Pria berumur 26 tahun itu awalnya mengira hanya kondisi biasa seperti sariawan di lidahnya. Hanya saja ketika lidahnya tergigit, sariawannya malah makin meradang dari hari ke hari sehingga dia memutuskan pergi ke dokter.

Ketika menjalani pemeriksaan, ketahuan bahwa sariawan nan dia alami rupanya indikasi kanker mulut. Dia didiagnosis karsinoma sel skuamosa, sejenis kanker nan dapat memengaruhi kulit dan sel-sel mirip kulit nan menutupi bagian dalam mulut.

"Saya tidak begitu percaya itu kanker. Mendengar berita itu membikin saya sedih. Saya menangis. Rasanya sangat tidak nyata," tuturnya kepada Daily Mail.

Durant pertama kali menyadari adanya sariawan itu di bulan April. Diagnosis kankernya muncul pada Agustus 2024 nan mengharuskannya menjalani operasi pemotongan lidah.

Sebagai informasi, karsinoma sel skuamosa merupakan jenis kanker mulut nan paling umum, mencakup nyaris 90 persen kasus. Sel skuamosa ditemukan di jaringan nan membentuk permukaan kulit, seperti di dalam mulut dan di lengan serta kaki.

Sariawan nan tidak sembuh dalam waktu tiga minggu...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Dayak Santoso
Artikel Lifestyle