Peraih Nobel Sastra Han Kang Tolak Adakan Konferensi Pers

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 3 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Han Kang, orang Korea pertama nan memenangkan Hadiah Nobel dalam bagian sastra, menolak untuk mengadakan konvensi pers dengan argumen adanya tragedi global, ialah perang Ukraina-Rusia dan bentrok Israel-Palestina.

Ayahnya, novelis terkenal Han Seung-won, menyampaikan pesan Han Kang selama konvensi pers di Sekolah Sastra Han Seung-won di Jangheung, Provinsi Jeolla Selatan.

"(Han Kang) mengatakan kepada saya, 'Dengan perang nan semakin memanas dan orang-orang nan digotong meninggal setiap hari, gimana kita bisa mengadakan seremoni alias konvensi pers?' Dia mengatakan tidak bakal mengadakan konvensi pers," katanya.

Setelah Hadiah Nobel dalam bagian sastra diumumkan pada Kamis malam (10/10/2024), Han Seung-won berbincang dengan putrinya dan menyarankannya untuk memilih penerbit nan mengadakan konvensi pers.

Awalnya, dia setuju dan mengatakan dia bakal "mencobanya," tetapi Han Kang berubah pikiran hanya dalam semalam.

"Perspektifnya telah bergeser dari seorang penulis nan tinggal di Korea menjadi kesadaran (penulis) global. Namun, saya tidak dapat menghilangkan emosi menjadi ayah dari seorang pemenang bingkisan nan tinggal di Korea, jadi saya akhirnya mengatur konvensi pers ini," katanya, dikutip dari The Korean Times, Minggu (13/10/2024).

Han Kang juga melarang ayahnya mengadakan jamuan makan malam di sekolah sastra.

"Saya berencana untuk mengadakan pesta di sini untuk penduduk...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Dewi Lestari
Artikel Lifestyle