Miris! Pendaki Hipotermia Usai Ditinggal Rombongan di Gunung Bawakaraeng

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 1 minggu yang lalu

Gowa -

Pendaki remaja mengalami hipotermia hingga kelaparan usai ditinggal rombongan di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Beruntung, pendaki pria bernama Akram (17) berhasil dievakuasi oleh tim SAR yang menerima laporan dari pendaki lain.

"Setibanya di pertengahan jalur pendakian 8-7 ia mengalami gejala hipotermia dan badan sudah lemas," kata Koordinator Divisi SAR KPA Hijau Bawakaraeng Halik Hasbih dalam keterangannya, Selasa (8/10/2024) dilansir dari detikSulsel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Halik menyampaikan, pihaknya mengevakuasi korban usai menerima laporan dari pendaki lainnya melalui telepon pada Sabtu (5/10) pukul 16.00 Wita. Awalnya korban memulai search bersama 5 temannya pada pukul 08.00 Wita. Selanjutnya, sesampainya di Pos 1 rombongan terbagi menjadi dua tim, sementara Akram berada di tim 2.

"Berlanjut hingga ke puncak Gunung Bawakaraeng 2830 MDPL tim ke 2 yang bersama dengan Akram tiba di jam 12.45 Wita dan tim 1 sudah turun duluan," ujarnya.

Ketika tim 2 bergerak turun pada pukul 13.25 Wita, lanjut Halik, Akram mengalami kelelahan dan kelaparan pada pertengahan jalur 10 menuju Pos 9. Menurut Halik, rombongan Akram hanya memberinya jaket dan useful talky (HT) lalu meninggalkannya menuju Pos 8.

"Setiba Akram di pos 8, Akram kehilangan sebuah handpone dan terkendala untuk jalan bersama tim jadi temannya memutuskan untuk turun terlebih dahulu dan meninggalkan Akram," jelasnya.

Halik menuturkan Akram pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya. Hanya saja, ketika sampai di jalur pendakian 8 menuju Pos 7, korban mengalami gejala hipotermia.

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel