Masih Muda Juga Bisa Kena, Ini Cara Efektif Cegah Stroke

Sedang Trending   by: Kelvin 1 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Stroke merupakan penyakit berat, karena dapat menyebabkan kelumpuhan apalagi kematian. Masalahnya penyakit ini rupanya juga menghantui orang-orang berumur muda. 

Meski terdengar tidak memungkinan, nyatanya stroke bukan hanya akibat orang-orang nan telah lanjut usia (lansia).

Dokter Jantung, Prof. dr. Hamed Oemar, MD, PhD, Sp.JP (K) FIHA, FJCC mengatakan bahwa dalam satu dasawarsa terakhir, terdapat peningkatan jumlah kasus stroke usia muda sebesar 67%. Stroke di usia muda mempunyai akibat nan luas baik secara ekonomi maupun sosial, nan bakal memerlukan perawatan medis lebih lama dan berbiaya besar.

"Saat ini orang berumur muda alias nan tetap produktif berpotensi mengalami stroke apalagi ada juga nan tetap duduk di sekolah dasar meski tidak banyak. Untuk itu, ini jangan dianggap remeh," kata dr. Hamed Oemar saat aktivitas Talkshow Online 'World Heart Day' oleh RSPON Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Stroke sendiri ditandai oleh hilangnya sirkulasi darah secara tiba-tiba lantaran otak nan mengakibatkan hilangnya kegunaan saraf nan sesuai. Tanpa pasokan darah, otak tidak bakal mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak bakal mati.

Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh nan dikendalikan oleh area otak nan rusak tidak dapat berfaedah dengan baik. Ada beberapa perihal nan dapat meningkatkan akibat terkena penyakit stroke, seperti mempunyai family dengan riwayat penyakit stroke, gang...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Kelvin
Artikel Lifestyle