Kaya atau Miskin Terlihat dari Muka, Ini Risetnya

Sedang Trending   by: Gungun 1 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahukah Anda bahwa status ekonomi seseorang dapat ditentukan dari wajah? Nyatanya, perihal ini telah menjadi temuan dari sebuah penelitian nan dilakukan Universitas Toronto.

Penelitian itu menggunakan subjek foto hitam putih dengan ekspresi netral dan tidak menggunakan aksesori apapun. Fotonya berjumlah 80 foto laki-laki dan 80 wanita.

Subjek terdiri dari 50% orang kaya dan sisanya merupakan kelas pekerja. Foto tersebut ditunjukkan pada orang lain dan diminta menebak kelas sosialnya.

Lebih dari setengahnya (68%) menjawab dengan benar. Mereka juga tidak menyadari kenapa bisa menebaknya.

"Ketika ditanya gimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari gimana mereka bisa menebaknya dengan benar," kata R-Thora Bjorsdottir, peneliti studi tersebut seperti dilansir dari CNBC Make It, dikutip Minggu (7/7/2024).

Kemudian mereka meneliti dengan memperbesar fitur wajah. Banyak jawaban betul hanya dengan memandang mata dan mulut.

Menurut penelitian nan diterbitkan Journal of Personality and Social Psychology itu, orang kaya mempunyai wajah nan condong senang dan tidak cemas. Sebaliknya, orang miskin condong dengan wajah nan tertekan.

"Hubungan antara kekayaan dan kelas sosial sudah banyak dibahas dalam penelitian terdahulu. Namun studi ini menemukan bahwa perbedaan kekayaan seseorang bisa tercermin dari wajah setiap orang," ujarnya.