Kecerdasan Anak Menurun dari Gen Ibu atau Ayah? Ini Temuan Studi

Sedang Trending   by: Intan Putri 2 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Mau punya anak nan cerdas? Kalau begitu pastikan Anda memilih pasangan nan tepat. Sebab, salah satu gen orang tua mempunyai andil dalam mewariskan kepintaran ke anak. 

Lalu, pertanyaannya, gen siapa nan paling mungkin menurunkan kepintaran ke anak? Ibu alias ayah?

Penelitian menemukan bahwa ibu mewariskan kepintaran ke anak, menurut studi nan telah diterbitkan dalam jurnal Psychology Spot.

Studi tersebut dilakukan dengan mengawasi 12.686 remaja berumur 14 hingga 22 tahun. Mereka ditanyai tentang beberapa aspek termasuk ras, tingkat pendidikan, sosial, status ekonomi dan pertanyaan serupa ini ditanyakan kepada ibu-ibu dalam penelitian.

Dalam menyelidiki masalah di atas, para peneliti menyebut bahwa wanita condong mentransmisi gen kepintaran ke anak nan terbentuk dari kromosom X.

Studi disebutkan bahwa wanita mempunyai dua kromosom X, sedangkan laki-laki hanya mempunyai satu kromosom X. Itu artinya, wanita dua kali berkesempatan mewariskan kepintaran pada anak daripada pria.

Sementara itu, peneliti juga menunjukkan bahwa ayah hanya mewarisi serangkaian sifat lain nan ditentukan gen seperti intuisi dan emosi. Warisan ini juga menjadi kunci untuk membuka kepintaran potensial anak.

"Jika gen nan sama diwarisi dari ayah, gen tersebut bakal dinonaktifkan," ungkap penelitian di Psychology Spot.

Secara keseluruhan gen ibu dan ayah sama-sama bisa menurunkan kecerdasan. Hanya saja potens...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Intan Putri
Artikel Lifestyle