Kisah Mistis Sendang Tawun Ngawi, Bikin Enteng Jodoh, Habitat Bulus Jelmaan

Sedang Trending   by: Putra Joko 3 bulan yang lalu

Ngawi -

Sendang Tawun Ngawi merupakan salah satu destinasi wisata yang unik. Diyakini menjadi tempat hidup ribuan bulus jelmaan prajurit dan airnya bikin enteng jodoh.

"Bulus (atau labi-labi) di sini kalau menurut legenda itu jelmaan prajuritnya sebuah kerajaan. Kalau orang luar mengambil bulus di sini pasti akan sakit. Selain itu, dia akan kesurupan," kata PNS Koordinator Sendang Tawun, Sriyono, seperti dikutip dari detikJatim, Jumat (12/7/2024).

"Sehingga, bulus-bulus di sini memang dilindungi masyarakat dan pengelola. Makanya pengunjung diwanti-wanti jangan sampai mengambil bulus, kalau tidak bisa dilarang ya monggo risiko ditanggung sendiri," dia menambahkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sriyono, yang sudah bertugas di area itu selama sembilan tahun, mengaku tak pernah mengalami sendiri kejadian mistis di Sendang Tawun. Hanya saja, ia menyaksikan peristiwa di luar nalar beberapa kali.

"Saya nggak pernah melihat sendiri seperti penampakan itu nggak pernah. Tapi kalau melihat sendiri orang yang masuk ke sini (Sendang Tawun) terus kesurupan, itu pernah," ujar Sriyono.

"Selama sembilan tahun saya di Sendang Tawun, ada tujuh kejadian seperti itu. Jadi pengunjung itu dalam keadaan pikirannya kosong sehingga mudah dirasuki," kata dia lagi.

Bulus di Sendang Tawun ini juga seolah tak mau kedatangan bulus dari tempat lain. Sebab, jika ada pengunjung yang membawa bulus dari luar Desa Tawun, bulus itu akan mati tanpa sebab yang jelas.

"Seandainya orang luar memasukkan bulus ke sini (Sendang Tawun), pasti mati. Entah kenapa saya kurang paham. Saya sudah tiga kali mengalami ada orang yang ngasi...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Putra Joko
Artikel Travel