Eks Mendikbud Era SBY Sorot Rp346 T Anggaran Pendidikan ke Dana Desa

Sedang Trending   by: Taufik 3 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh era Presiden SBY menyoroti kebijakan anggaran pendidikan Indonesia 2024 turut dialokasikan untuk dana desa.

Nuh menyoroti itu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR berbareng Menteri PMK Muhadjir Effendy di Gedung DPR, Selasa (2/7) lalu.

Awalnya Nuh memaparkan info melalui tayangan slide. Dalam info nan ditampilkan tercatat dari Rp665,02 triliun anggaran pendidikan, sebanyak 52 persen alias sekitar Rp346 triliun dialokasikan untuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nuh mempertanyakan sejak kapan praktik biaya pendidikan dialokasikan untuk biaya desa terjadi. Ia menilai praktik itu tidak tepat lantaran pejabat desa tak diperuntukkan mengurusi sektor pendidikan secara spesifik.

"Saya terus terang nan paling penasaran mulai kapan masuk biaya desa di dalam anggaran pendidikan? Mulai kapan? Dan isinya apa? Kalau lurah ya kan, lurah kan ujungnya jika biaya desa, kan lurah. Ngurusi apa di pendidikannya itu, jika dicari?," kata Nuh dalam rapat.

Nuh berambisi pemerintah segera menjelaskan secara rinci argumen kebijakan ini diterapkan. Ia meminta pemerintah tak menjelaskan dengan dalih-dali...

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Taufik
Artikel Teknologi