Dijamin Aman, Vaksin Mpox di RI Sudah Kantongi Izin BPOM dan WHO

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) menegaskan bahwa vaksin penyakit cacar monyet namalain Mpox sudah mengantongi izin edar sehingga siap digunakan di Indonesia dalam situasi darurat kesehatan.

Juru Bicara Kemenkes RI, dr. Mohammad Syahril mengatakan bahwa vaksin Mpox nan bakal didistribusikan dan digunakan oleh masyarakat Indonesia sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Secara rinci, jenis vaksin nan telah mengantongi izin oleh BPOM dan WHO serta nan bakal digunakan di Indonesia adalah Modified Vaccinia Ankara-Bavarian Nordic (MVA-BN), ialah vaksin turunan cacar (smallpox) generasi ketiga nan berkarakter non-replicating. Sebagai informasi, penyelenggaraan vaksinasi Mpox dengan MVA-BN telah dilakukan sejak 2023 lampau namalain setelah ditemukan kasus konfirmasi Mpox di Indonesia.

"Vaksin Mpox sudah menerima Emergency Use Listing (EUL) dari WHO dan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Artinya, vaksin ini boleh digunakan dalam kondisi darurat," terang Syahril dalam keterangan resmi nan diterima CNBC Indonesia, Kamis (12/9/2024),

dr. Syahril mengatakan, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) bakal turut terlibat berbareng BPOM dalam pemberian vaksin untuk memantau keamanan dan memastikan manfa...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Joko Sanjaya
Artikel Lifestyle