Bunda, Begini Cara Jaga Anak Tetap Sehat dan Tidak Dehidrasi di Tengah Cuaca Panas Membara

Sedang Trending   by: Gungun 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Musim kemarau nan panjang sekarang melanda banyak wilayah di Indonesia, dan suhu nan terus meningkat menjadi tantangan besar bagi kesehatan anak-anak.

Menurut dr. Ngabila Salama, MKM, seorang praktisi kesehatan masyarakat, anak-anak lebih rentan terkena penyakit seperti dehidrasi dan jangkitan saat cuaca ekstrem. Karena itu, para orang tua kudu lebih waspada dalam menjaga kesehatan anak mereka agar tetap aktif dan sehat di tengah suhu nan tidak berkawan ini.

Apa Bahaya Dehidrasi pada Anak?

Pada suhu nan tinggi, tubuh anak-anak condong lebih mudah kehilangan cairan, sehingga meningkatkan akibat dehidrasi. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh mereka juga dapat menurun, membikin mereka lebih rentan terkena beragam infeksi.

"Suhu tinggi dapat melemahkan daya tahan tubuh anak, sehingga krusial bagi orang tua untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan nutrisi dan hidrasi nan memadai guna memperkuat sistem imun mereka," katanya seperti dikutip dari keterangan resmi nan diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 26 September 2024.

Bagaimana Menjaga Anak-Anak Tetap Aman Saat Cuaca Panas?

Agar anak tetap sehat di tengah cuaca panas, dr. Ngabila menyarankan pentingnya memberi anak makanan nan kaya bakal vitamin dan mineral krusial seperti vitamin C, D, dan Zinc.

Buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, serta sayu...

Selengkapnya
Sumber Artikel Health
Author  Gungun
Artikel Health