Mahasiswa Unpad Sulap Limbah Jeruk Nipis Jadi Produk Peredam Bau Mulut

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 1 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Limbah jeruk nipis bisa menjadi peredam bau mulut nan kerap menurunkan rasa percaya diri sekaligus mengganggu orang sekitar. 

Temuan ini dikenalkan oleh para mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) nan tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K).

Solusi aroma mulut berbahan dasar limbah jeruk nipis itu diberi nama Clarewash Mouthwash Spray 3 in 1. Para mahasiswa menyatakan bahwa bahan dasar ini alami dan ramah lingkungan.

Menurut Ketua tim PKM-K Clarewash Nur Aisyah, penemuan ini lahir dari kepedulian terhadap limbah jeruk nipis nan selama ini kurang dimanfaatkan oleh pelaku upaya kecil. Melalui kerja sama dengan UMKM nan menghasilkan limbah jeruk nipis, tim Clarewash membantu mengurangi limbah nan biasanya langsung dibuang begitu saja.

 “Kami bekerja sama dengan UMKM di wilayah Jatinangor (Sumedang) nan menghasilkan limbah jeruk nipis. Dengan Clarewash, limbah ini bisa digunakan kembali sehingga tidak mengotori lingkungan sekitar,” kata Nur Aisyah mengutip laman resmi Unpad, Sabtu (28/9/2024).

Nur menambahkan, Clarewash mempunyai karakter tersendiri nan membuatnya berbeda dari produk mouthwash lainnya di pasaran. Dengan menggunakan bahan alami tanpa alkohol dan memanfaatkan limbah jeruk nipis sebagai bahan utama, Clarewash mengusung misi ramah lingkungan.

“Produk ini juga dilengkapi dengan kelebihan 3 in 1, ialah antihalitosis (

Selengkapnya
Sumber Artikel Health
Author  Nadia Fitriani
Artikel Health