Ada 3.600 Zat Kimia dari Bungkus Makanan Masuk ke Tubuh Manusia

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 1 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Penelitian terbaru menemukan ada lebih dari 3.600 bahan kimia dari balut makanan nan ditemukan di dalam tubuh manusia.

Melansir Science Alert, sekitar 100 jenis dari bahan-bahan kimia itu dianggap sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan manusia. Sedangkan zat-zat lain belum banyak diketahui pengaruh sampingnya.

Hasil studi ini dipaparkan oleh penulis utama Birgit Geueke dari Food Packaging Forum Foundation, sebuah LSM nan berpusat di Zurich.

Di antara bahan kimia nan sangat mengkhawatirkan adalah banyak PFAS, nan juga dikenal sebagai bahan kimia nan tidak berbahaya. Zat tersebut telah terdeteksi di banyak bagian tubuh manusia dalam beberapa tahun terakhir dan dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan.

Sementara itu, bahan kimia lain nan terdeteksi adalah bisphenol A, pengganggu hormon nan digunakan untuk membikin plastik. Bahan kimia itu jug telah dilarang dari botol susu bayi di banyak negara.

Bahan kimia pengganggu hormon lainnya adalah ftalat, nan telah dikaitkan dengan infertilitas alias kesuburan.

Kurangi kontak dengan kemasan

Dalam perihal toksikologi, ada pepatah lama nan mengatakan bahwa dosis menentukan racun.

Geueke menyarankan agar masyarakat mengurangi kontak dengan makanan dalam bungkusan dan menghindari memanaskan makanan dalam bungkusan aslinya.

Meski demikian, tetap sedikit nan diketahui tentang akibat kesehatan dari bahan kimia nan terte...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Dayak Santoso
Artikel Lifestyle