6 Jenis Makanan dan Minuman yang 'Haram' Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 6 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Penderita masam urat kudu berhati-hati dalam menjaga pola makan. Bagaimana tidak, pemicu masam urat umumnya disebabkan lantaran adanya kadar purin nan tinggi dalam makanan dan minuman.

Jika terus menerus dikonsumsi maka penderitanya pun bakal terus merasa kesakitan dan tidak kunjung sembuh. Untuk itu, krusial untuk mengurangi konsumsi makanan tertentu untuk mengurangi kadar masam urat dalam tubuh.

Lantas, apa saja makanan dan minuman nan kudu dihindari penderita masam urat?

1. Bir
Bir adalah salah satu minuman 'haram' bagi penderita masam urat. Sebab, ragi nan terkandung di dalam bir dapat menyebabkan reaksi dan meningkatkan kadar masam urat dalam tubuh.

Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membikin proses pembuangan masam urat melalui urine. Bir meningkatkan masam urat sebesar 6,5 persen. Bahkan, bir non alkohol menaikkannya sebesar 4,4 persen.

"Bir adalah minuman nan sangat dilarang untuk orang penderita masam urat," tegas Profesor University of Texas Southwestern Medical School, Lona Sandon, dikutip dari Everyday Health.

2. Daging Merah
Daging sapi, domba, dan babi masuk ke dalam daftar makanan nan kudu dihindari penderita masam urat lantaran mengandung tinggi unsur purin. Sebagai alternatif, Sandon menyarankan penderita masam urat untuk mengonsumsi daging unggas putih.

"Anda tidak bakal memandang banyak masalah pada unggas layaknya daging merah...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Nadia Fitriani
Artikel Lifestyle