14 Makanan Sehari-hari Paling Banyak Mengandung Mikroplastik

Sedang Trending   by: Fita Rahayu 2 hari yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Para peneliti menemukan bahwa sejumlah makanan rupanya mengandung mikroplastik. Perlu diketahui, mikroplastik adalah jenis partikel nan sangat mini nan diketahui bisa berakibat pada kesehatan jika dikonsumsi.

Berdasarkan hasil penelitian nan telah terbit di Environmental Research pada Februari 2024, ada beragam makanan sehari-hari nan terpapar mikroplastik.

Hampir 90% sampel pada protein hewani dan nabati dinyatakan positif mengandung mikroplastik, pecahan polimer mini nan ukurannya dapat berkisar dari kurang dari 0,2 inci (5 milimeter) hingga 1/25.000 inci (1 mikrometer), menurut sebuah studi pada Februari 2024, dilansir CNN Internasional.

Tak hanya itu, beberapa sayuran juga rupanya menyerap kandungan mikroplastik dari tanah. Berikut adalah makanan nan ditemukan mengandung mikroplastik menurut sejumlah studi:

1. Daging ayam

2. Daging sapi

3. Daging babi

4. Nugget

5. Tahu

6. Selada

7. Wortel

8. Lobak

9. Apel

10. Teh celup

11. Garam himalaya

12. Gula

13. Nasi instan

14. Air minum kemasan

Jika plastiknya cukup kecil, buah-buahan dan sayuran dapat menyerap mikroplastik melalui sistem akarnya dan memindahkan bagian-bagian kimia tersebut ke batang, daun, biji, dan buah tanaman.

Sebuah studi pada 2023 menemukan garam merah Himalaya nan ditambang dari dalam tanah juga mengandung mikroplastik pali...

Selengkapnya
Sumber Artikel Lifestyle
Author  Fita Rahayu
Artikel Lifestyle