Terinspirasi Raden Saleh, Kostum Kontingen Indonesia di Pembukaan Olimpiade Paris

Sedang Trending   by: Intan Putri 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Kontingen Indonesia memperkenalkan secara resmi kostum yang dikenakan dalam defile upcara pembukaan Olimpiade 2024 Paris, Jumat (26/7/2024). Seragam itu terinspirasi oleh Raden Saleh.

Kostum itu diperkenalkan melalui Instagram @timindonesiaofficial. Dari foto yang dirilis, kostum itu merupakan pakaian adat Jawa. Atlet pria akan mengenakan beskap, tetapi bernuansa kontemporer dengan denim. Pakaian itu dipasangkan dengan celana putih. Adapun, atlet wanita memakai kebaya kutubaru berwarna merah dipadu celana putih.

Tetapi, hingga saat ini belum dirilis kostum si pembawa bendera, yang secara tradisi tampil beda. Biasanya, si pembawa pendera mengenakan pakaian adat komplit dengan aksesorisnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun, opening ceremonial Olimpiade Paris dihelat di Sungai Seine di Paris, Prancis. Itu menjadi sejarah karena baru pertama kali upacara pembukaan Olimpiade tidak digeber di stadion.

Busana untuk defile kontingen Indonesia itu yang kembali didesain oleh putra Presiden terpilih Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo.

[Gambas:Instagram]

"Kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia menjadi dasar pemikiran Didit Hediprasetyo dalam mendesain seragam defile Tim Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024," begitulah keterangan dalam unggahan itu.

"Desain terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir beraliran Romantisme asal Jawa. Perjalanannya dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasion...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Intan Putri
Artikel Travel