Tawon Chestburster Terlahir dari Lalat Mississippi Kejutkan Ilmuwan

Sedang Trending   by: Gungun 1 minggu yang lalu

loading...

Tawon Chestburster. FOTO/ TNT

LONDON - Penemuan terbaru dalam bumi entomologi menyoroti temuan mengejutkan tentang spesies tawon parasitoid nan baru ditemukan, Syntretus perlmani.

BACA JUGA - 5 Perbedaan Tawon dan Lebah, Jangan Tertukar Lagi

Tawon ini memulai siklus hidupnya dengan langkah nan belum pernah dicatat sebelumnya di dalam perut lalat buah dewasa.

Seperti dilansir dari Science Alert, temuan ini bukan hanya menarik tetapi juga memberikan wawasan baru tentang perilaku dan penyesuaian tawon parasitoid.

Tawon baru nan ditemukan diberi nama Syntretus perlmani. Penemuan ini sangat signifikan lantaran menunjukkan perilaku parasitisme nan belum pernah terdokumentasi sebelumnya di antara tawon parasitoid.

Penemuan ini terjadi di Mississippi, saat tim peneliti menangkap lalat buah (Drosophila affinis) menggunakan perangkap. Mereka awalnya mencari jangkitan nematoda, namun menemukan larva tawon parasitoid di perut lalat dewasa.

Sementara tawon parasitoid biasanya meletakkan telur di dalam larva alias nimfa serangga, Syntretus perlmani adalah satu-satunya jenis nan diketahui melakukan ini di dalam lalat buah dewasa.

Ini adalah sesuatu nan belum pernah terlihat sebelumnya di subfamili Euphorinae, nan mencakup tawon parasitoid nan menginfeksi beragam jenis serangga.

Setelah telur tawon diletakkan di dalam lalat, larva berkembang di dalam perut lalat selama sekitar 18 hari. Selama periode ini, lalat inang tetap aktif. Larva tawon...

Selengkapnya
Sumber Artikel Sains
Author  Gungun
Artikel Sains