Satu-satunya di Klaten! Sompil Bu Sri Koco Sajikan Kuliner Legendaris

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 minggu yang lalu

Klaten -

Di Klaten ada makanan legendaris berjulukan sompil nan nyaris punah lantaran kian langka dijajakan. Namun hidangan ini tetap bisa dinikmati di satu-satunya penjual di sana, Sompil Bu Sri Koco.

Kabupaten Klaten mempunyai kekayaan kuliner tradisional nan menarik dicoba. Salah satu kuliner legendaris nan jadi jagoan Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, ialah sompil.

Sompil sendiri merupakan makanan dari beras nan dibungkus bambu abus berbentuk segitiga. Kemudian beras itu direbus selama kurang lebih dua jam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan tradisional ini biasanya dihidangkan dengan opor, sambal goreng krecek, nan kemudian ditaburi ducang alias sambal kedelai dan kacang.

Satu-satunya pedagang nan tetap memperkuat menjual dan memproduksi sompil, ialah Sri Hartini (65) dan Sukoco (76). Mereka menjual sompil dengan nama 'Sompil Bu Sri Koco' di salah satu rumah mini di Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan.

"Sudah jualan sejak 2008, pas selesai gempa Jogja 2006, sampai saat ini. Selalu di rumah sejak pertama dulu," kata Sukoco saat ditemui di rumahnya, Rabu (11/9/2024).

Sompil JogonalanSompil satu-satunya di Klaten dijajakan di Sompil Bu Sri Koco. Foto: detikJateng/Arina Zulfa Ul Haq

Sukoco nan baru saja mengangkat puluhan sompil untuk dihidangkan kepada para pengguna itu mengatakan sompil menjadi makanan tradisional nan selalu dimakan saat bulan Syawal.

"Ini (sompil) sudah nyaris punah, tradisinya satu ta...

Selengkapnya
Sumber Artikel Food
Author  Nadia Fitriani
Artikel Food