Prabowo Akan Alihkan Food Estate ke Papua Gegara Kalimantan Tak Subur

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memindahkan proyek lumbung pangan nasional (food estate) dari Kalimantan ke Merauke, Papua.

"Karena food estate nan sekarang dikembangkan di Kalimantan, menghadapi beragam persoalan lantaran tanah tidak terlalu subur, top soilnya sedikit, sehingga kurang cocok untuk beberapa hal," ujar Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Drajad Wibowo dalam UOB Economic Outlook 2025 di Jakarta, seperti dikutip CNBNIndonesia, Kamis (26/9).

Drajad mengakui Merauke tetap banyak kekurangan, terutama dari sisi prasarana pendukungnya. Namun, dia memastikan dari sisi agrikultur tanahnya lebih subur daripada di Kalimantan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Merauke tanahnya flat, luas, tapi memang infrastrukturnya kurang, tapi secara agrikultur sangat bagus," ujarnya.

Ia merinci sejumlah komoditas pangan nan bakal ditanam di food estate Merauke diantaranya singkong, tebu, dan produk tanaman lainnya. Program ini dia pastikan bakal melibatkan banyak pihak swasta untuk memperkuat infrastrukturnya terlebih dahulu.

"Namun, masalahnya lantaran accessibility sangat rendah, itu gimana transporting the outputs dari Merauke ke wilayah lain bakal jadi persoalan, lantaran bakal ada logistik cost nan cukup besar, nah itu bakal jadi potensi di swasta untuk bergerak di transportasi dan...

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Nadia Fitriani
Artikel Teknologi