Pesawat Pengintai China Masuk, Jepang Marah hingga Kerahkan Jet Tempur

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 27 Agu 2024 11:50 WIB

China mengerahkan sejumlah pesawat pengintai ke wilayah Jepang di utara hingga memicu Tokyo segera mengerahkan jet-jet tempur untuk mencegatnya, Senin (26/8). China mengerahkan sejumlah pesawat pengintai ke wilayah Jepang di utara hingga memicu Tokyo segera mengerahkan jet-jet tempur untuk mencegatnya, Senin (26/8). Ilustrasi. (Foto: via REUTERS/DEFENSE MINISTRY OF JAPAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

China mengerahkan sejumlah pesawat pengintai ke wilayahnya Jepang di selatan hingga memicu Tokyo segera mengerahkan jet-jet tempur untuk mencegatnya pada Senin (26/8).

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshimasa Hayashi, mengatakan Tokyo mengerahkan sejumlah jet tempurnya setelah mendeteksi intrusi pesawat pengintai Y-9 China nan terbang di lepas pantai Kepulauan Danjo, Prefektur Nagasaki. Insiden itu terjadi sekitar pukul 11.29 siang waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami mencatat bahwa ini adalah serangan wilayah udara pertama nan dikonfirmasi dan diumumkan oleh pesawat militer China sejak kami memulai tindakan antiserangan wilayah udara," kata Hayashi dalam bertemu pers di Tokyo pada Selasa (27/8).

"Kami menahan diri untuk tidak memberikan jawaban pasti mengenai tujuan nan dimaksudkan dari tindakan pesawat China tersebut. Namun, aktivitas militer China baru-baru ini di dekat Jepang condong meluas dan menjadi semakin aktif," paparnya menambahkan.

Hayashi menegaskan ini merupakan "pelanggaran serius terhadap kedaulatan". Insiden ini terjadi sehari setelah kejadian di Laut Cina Timur.

"Pelanggaran wilayah udara kami oleh pesawat militer China tidak hanya merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan kami tetapi juga ancaman terhadap keamanan kami dan sama sekali tidak dapat diterima," kata Hayashi kepada wartawan.

Hayashi menuturkan Jepang bakal terus mencermati dengan ketat aktivitas militer China. Tokyo, paparnya, juga bakal mengambil semua langkah nan memungkinkan untuk memastikan pengawasan ketat demi menindak pelanggaran wilayah udara oleh negara lain ini.

Dikutip AFP, Jepang dan China memang tetap mempunyai sejumlah sengketa wilayah, salah satu nan paling signifikan adalah sengketa Kepulauan Senkaku alias Diaoyou di Laut China Timur.

Sementara itu, Kepulauan Danjo nan tidak berpenghuni adalah sekelompok pulau mini nan terletak di Laut Cina Timur di lepas pantai selatan Jepang, Nagasaki. Kawasan ini bukan wilayah nan disengketakan dengan China.

Terkait sengketa Senkaku-Diayou, China dan Jepang kerap terlibat berantem di perairan itu. Tokyo telah melaporkan keberadaan kapal penjaga pantai, sebuah kapal angkatan laut, hingga sebuah kapal selam berkekuatan nuklir China di Kepulauan Senkaku-Diaoyou.

Serangkaian konfrontasi antara kapal penjaga pantai Jepang dan kapal penangkap ikan China juga sering terjadi di area itu.

Insiden paling signifikan terjadi kala dua pesawat nonmiliter dari China yang terdiri dari sebuah pesawat berkekuatan baling-baling dan sebuah pesawat nirawak kecil, menyerbu wilayah udara di dekat pulau-pulau Senkaku pada 2012 dan 2017.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Dayak Santoso
Artikel Internasional