Misteri Gunung Bertelur di China, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sedang Trending   by: Taufik 3 hari yang lalu

loading...

Tebing Chan Da Ya di gunung Gulu secara misterius mengeluarkan batu bulat mirip telur. Foto/Times of India

JAKARTA - Fenomena gunung bertelur di desa Gulu Zhai, Provinsi Guizhou, China, menarik perhatian luas. Ribuan visitor berjamu setiap tahunnya untuk menyaksikan keajaiban alam ini. Tebing Chan Da Ya di gunung ini secara misterius mengeluarkan batu bulat mirip telur secara berkala sehingga dipercaya mempunyai kekuatan magis.

Berat telur batu tersebut bervariasi dari 20 sentimeter, 60 sentimeter hingga terberat mencapai 300 kilogram. Warnanya biru tua, dan nyaris sepenuhnya halus, beberapa spesimen nan dibersihkan dan dipoles dapat memantulkan sinar mentari dengan baik.

Batu-batu ini oleh masyarakat setempat menjadi rebutan dan dipercaya membawa keberuntungan. Namun tidak setiap hari gunung ini mengeluarkan telur. Penduduk setempat mencatat telur batu ini jatuh dari tebing sekali setiap 30 tahun, meskipun para intelektual belum memberikan penjelasan nan pasti untuk kejadian ini.

Dilansir dari Times of India, Kamis (26/9/2024), ukuran tebing Chan Da Ya cukup kecil, hanya selebar enam meter dan panjangnya 20 meter. Telur nan dikeluarkan dari tebing ini jatuh ke tanah dan selanjutnya dipungut oleh masyarakat setempat nan beruntung.

Desa Gulu adalah nan terdekat dengan tebing Chan Da Ya merupakan wilayah antik dengan populasi sekitar 250.000 orang Shui. Orang-orang Shui, salah satu dari 56 etnis minori...

Selengkapnya
Sumber Artikel Sains
Author  Taufik
Artikel Sains