Mentan Copot 3 Pejabat Kementan yang Korupsi Rp 10 M

Sedang Trending   by: Kelvin 22 jam yang lalu

Jakarta -

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memecat tiga pegawai Kementerian Pertanian lantaran diduga menerima pembayaran alias korupsi suatu proyek. Amran menyebut korupsi nan dilakukan pegawai tersebut mencapai Rp 10 miliar.

Amran mengungkap, korupsi itu berasal dari oknum nan meminta proyek dari Kementerian Pertanian. Kemudian pegawai Kementan tersebut menyanggupi dengan meminta fee 25% dari proyek.

"Ada oknum dari luar meminta proyek. Kemudian dari Kementerian Pertanian meminta fee 25%. Setelah kami panggil mungkin 5 menit, kami tanya. Ternyata sudah menerima duit kurang lebih Rp 10 miliar, dan ini sudah berproses di penegak hukum," kata Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laporan mengenai pegawai Kementan nan korupsi itu didapati baru Rabu (16/10) malam. Hari ini, surat pencopotan langsung ditandatangani Amran. Dia mengatakan, tak bakal segan-segan mencopot pegawai nan bermain dalam menjalankan proyek.

"Untuk sementara, tiga orang. Sekongkol, bebas tugas semua, non-aktif semua. Hari ini kami copot nan bersangkutan. Nonaktif, bisa saja pemecatan. Singkat cerita, nggak ada kompromi bagi nan melakukan korupsi di Kementerian Pertanian. Itu nggak ada kompromi bagi dia," jelasnya.

Amran menyebut tindakan itu telah lama dilakukan oleh tiga pegawai tersebut. Ketiga oknum itu diketahui meminta bagian sedikit demi sedikit, mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar.

"Ini di pengakuannya, sedikit-sedikit. Rp 100 juta, pernah Rp 500 juta, pernah juga Rp 1 miliar," pungkasnya.

(ada/ara)

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Kelvin
Konten Bisnis