Makan Telur, Cara Sederhana Cegah Penurunan Fungsi Kognitif pada Usia Lanjut

Sedang Trending   by: Putra Joko 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru-baru ini menawarkan solusi sederhana guna mencegah penurunan kognitif pada usia lanjut. Cara sederhana nan dimaksud ialah dengan makan telur.

Penelitian nan baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menemukan hubungan antara mengonsumsi telur dengan memori semantik dan kegunaan pelaksana nan lebih baik pada wanita.

“Literatur sebelumnya mengenai hubungan kadar kolesterol makanan dengan kegunaan kognitif tidak konsisten dengan beberapa penelitian nan menunjukkan pengaruh negatif, penelitian lain menunjukkan pengaruh positif, dan penelitian lainnya tidak menunjukkan pengaruh apa pun,” jelas Donna Kritz-Silverstein, PhD, peneliti utama studi tersebut dan guru besar di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas California San Diego pada Health.

Ketidakkonsistenan ini membuka jalan bagi golongan studi meneliti apakah makan telur memberi pengaruh pada keahlian kognitif. “Memeriksa apakah konsumsi telur berasosiasi dengan perubahan keahlian kognitif selama empat tahun pada sampel besar laki-laki dan wanita lanjut usia nan tinggal di komunitas,” katanya.

Lebih Banyak Makan Telur, Kesehatan Kognitif Lebih Baik

Untuk menguji pengaruh telur terhadap kegunaan kognitif, para peneliti mengambil info dari 890 orang dewasa (357 laki-laki dan 533 perempuan) nan berperan-serta dalam Studi Rancho Bernardo, sebuah studi kohort observasional berbasis organisasi jangka panjang. Semua peserta berumur di atas 55 tahun, dan usia rata-rata adalah...

Selengkapnya
Sumber Artikel Health
Author  Putra Joko
Artikel Health