Leader Jupiter TNI AU: Pilot Kita Tak Kalah Handal dengan Pilot Asing

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 3 minggu yang lalu

Denpasar -

Aksi Tim Aerobatik Jupiter/Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU sukses memukau pengunjung Bali International Airshow. Ini membuktikan pilot-pilot Indonesia juga handal, tak kalah dengan aviator negara lain.

"Jupiter ini merupakan member-member dari instruktur penerbang di TNI AU. Manuver-manuver ini kita ajarkan ke siswa sekolah penerbang. Hanya saja yang membedakan untuk JAT ini menerbangkan secara bersamaan. Sehingga JAT sebagai duta bangsa di udara, selain memberikan kesan buat dunia luar kalau Indonesia punya memiliki pilot-pilot handal yang bisa disejajarkan dengan aviator di luar negeri," ujar Leader Jupiter Aerobatic Letkol PNB Ferdian Habibi kepada detikcom.

Di pameran Bali International Airshow, JAT menampilkan sekitar 14 manuver yang membuat pengunjung deg-degan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"14 manuver yang kita latihkan yang pertama Jupiter Roll, kemudian clover leaf, eagle to arrow caput loop, kemudian kita melaksanakan leader benefit, dan rotation back, loop dan break off, synchro melaksanakan wheel, 4 pesawat melakukan tango to gem loop, heart yang tanda hati itu, snake loop, solo spin oleh (pesawat) nomor 6, kesepuluh roll, 5 paper loop, clover leafage and cascade," dia menjelaskan.

Leader Jupiter Aerobatic Letkol PNB Ferdian Habibi (Tim detikcom)

Ini merupakan kali kedua Jupiter ta...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Joko Sanjaya
Artikel Travel