[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama: Berlari Kencang Melawan Tuberkulosis

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat, 13 September 2024 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pengarahan antara lain: “Agar setelah dilantik, pemerintahan baru bisa segera bekerja dan berlari kencang”.

Terkait ini, salah satu tantangan kesehatan kita adalah tuberkulosis (TB), dimana Indonesia adalah penyumbang kasus nomor dua terbesar di dunia. Lalu, lebih dari 15 orang meninggal setiap jam di negara kita lantaran tuberkulosis.

Dalam perihal “berlari kencang” melawan tuberkulosis maka baik kalau pemerintah nan baru langsung mengangkat dan mengimplementasi pedoman WHO terbaru tentang obat terapi pencegahan tuberkulosis ialah TPT (“TB preventive treatment - TPT”) nan baru dikeluarkan empat hari nan lampau tepatnya 9 September 2024.

Panduan ini berisi 21 rekomendasi nan punya dasar ilmiah mumpuni. Termasuk satu rekomendasi nan banget kuat, ialah pemberian obat levofloxacin setiap hari selama 6 bulan sebagai opsi pemberian TPT pada mereka nan terpapar dengan tuberkulosis nan resisten multi obat (“multi drug resistance – MDR”) dan resisten rifampisin (RR).

Dalam perihal ini setidaknya ada lima aktivitas dalam paket pemberian TPT ini:

Pertama, identifikasi golongan akibat tinggi pada laten tuberkulosis

Kedua, skrining ke arah TB

Ketiga, memastikan bahwa memang belum ada sakit TB.

Keempat, melakukan tes d...

Selengkapnya
Sumber Artikel Health
Author  Nadia Fitriani
Artikel Health