Israel Mulai Gempur Tepi Barat Palestina, Terbesar Sejak Intifada II

Sedang Trending   by: Taufik 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 11:33 WIB

Sejauh ini, setidaknya sembilan penduduk Palestina di Tepi Barat imbas operasi militer Israel skala besar nan melibatkan ratusan tentara di Jenin dan Tulkarem. Belum selesai genosida di Jalur Gaza, Israel mulai meluncurkan operasi militer besar-besaran di Tepi Barat pada Rabu awal hari, pertama sejak intifada II 2002. (Foto: REUTERS/Raneen Sawafta)

Jakarta, CNN Indonesia --

Israel meluncurkan operasi militer besar-besaran sejak intifada II pada 2002 di Tepi Barat Palestina pada Rabu (28/8) awal hari.

Al Jazeera melaporkan militer Israel terus melancarkan penyerbuan di tiga wilayah Tepi Barat seperti Jenin, Tulkarem, hingga Lembah Yordan, secara berbarengan sejak Kamis tengah malam. Media Israel sebelumnya melaporkan militer telah meluncurkan "operasi besar di Tepi Barat."

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ratusan tentara dengan pengawalan udara nan signifikan telah menyerbu tiga kamp pengungsian di Tepi Barat: Jenin, Nur Shamas, dan Far'a

Al Jazeera juga melaporkan terjadi baku tembak antara pasukan Israel dengan milisi Palestina di sejumlah wilayah di Tepi Barat.

Di Kota Jenin, bunyi tembakan dan ledakan dahsyat terdengar beberapa kali. Dalam klip video nan beredar milisi Palestina mengatakan mereka melawan Israel dengan "peluru dan perangkat peledak."

Sejauh ini, setidaknya sembilan penduduk Palestina di Tepi Barat imbas operasi militer Israel skala besar nan melibatkan ratusan tentara di Jenin dan Tulkarem.

Sejak agresi Israel di Jalur Gaza, Tepi Barat tak luput dari serangan. Namun, skala serangan tak sebesar di wilayah kantung itu.

Kontributor Al Jazeera melaporkan dalam beberapa pekan terakhir Israel meningkatkan operasi di Tepi Barat.

"Dalam beberapa minggu terakhir, kami memandang peningkatan dalam penggunaan serangan udara terhadap milisi Palestina," demikian laporan Al Jazeera.

Operasi baru Israel di Tepi Barat merupakan nan terbesar sejak intifada kedua pada 2002. Intifada merupakan aktivitas rakyat Palestina melawan Israel untuk merebut tanah mereka.

Saat itu, pasukan Israel melancarkan operasi militer besar-besaran mencakup penyerbuan ke banyak kota di sekitar Tepi Barat.

Gempuran Israel yang makin meluas di Tepi Barat ini pun berjalan kala genosida imbas agresi brutalnya di Jalur Gaza sejak 7 Oktober lampau tetap terjadi.

Hingga hari ini, 40.476 penduduk Palestina tewas dan nyaris 100 ribu orang lainnya terluka imbas agresi sadis Israel sejak 7 Oktober 2023 lalu

(isa/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Taufik
Artikel Internasional