Emiten Raam Punjabi (RAAM) Private Placement 619,4 Juta Saham

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Tripar Multivision Plus Tbk. (RAAM) bakal melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement sebanyak 10% dari jumlah saham nan telah ditempatkan dan disetor penuh.

Mengutip keterbukaan info Bursa Efek Indonesia (BEI), RAAM berencana untuk mengeluarkan sebanyak-banyaknya 619.420.000 saham dengan nilai nominal Rp 60 per saham.

Selanjutnya, RAAM bakal meminta persetujuan pemegang saham independen dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk tindakan korporasi ini.

"Perseroan diharapkan bakal mendapatkan pengganti sumber pendanaan untuk kepentingan bisnis/kegiatan upaya Perseroan dan/atau perusahaan anak Perseroan," tulis manajemen, Rabu (11/9).

Rencana penggunaan biaya hasil dari PMTHMETD setelah dikurangi biaya-biaya terkait, bakal digunakan untuk pengembangan upaya melalui investasi nan diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi Perseroan ke depannya, nan saat ini sedang dalam proses penelaahan lebih lanjut oleh Perseroan.

Setelah penyelenggaraan PMTHMETD, rasio kas terhadap aset bakal mengalami peningkatan dari 0,098% menjadi 0,120%. Di sisi lain, rasio liabilitas terhadap aset bakal mengalami penurunan dari 0,197% menjadi 0,191%, dan rasio liabilitas terhadap ekuitas juga bakal mengalami penurunan dari 0,197% menjadi 0,191%.

Dengan dugaan seluruh saham baru nan diterbitkan dari saham portepel dalam rangka PMTHMETD, maka pemegang saham Perseroan dalam jangka pendek bakal terkena akibat dilusi kepemilikan saham maksimal sebesar 9,09% dari persentase kepemilikan sebelum penyelenggaraan PMTHMETD dan pada dasarnya tidak ada akibat perubahan pengendali Perseroan setelah PMTHMETD ini dilaksanakan.

Di sisi lain, struktur permodalan Perseroan menjadi lebih kuat dan mendukung aktivitas upaya serta pengembangan usaha/bisnis Perseroan nan pada akhirnya bakal meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham Perseroan.

RUPSLB Perseroan mengenai dengan rencana PMTHMETD bakal dilaksanakan pada Kamis, 12 September 2024 mendatang.


(ayh/ayh)

Saksikan video di bawah ini:

Suku Bunga Tinggi Segera Berakhir, Dana Asing Siap Banjiri BEI & SBN

Next Article GOTO Mau Private Placement 120,14 Miliar Saham, Ada Apa?

Selengkapnya
Sumber Konten Market
Author  Nadia Fitriani
Konten Market