Dobrak Sejarah! Pembukaan Olimpiade Paris di Sungai Seine, Bukan di Stadion

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Opening ceremonial Olimpiade 2024 Paris mendobrak tradisi. Jika biasa perhelatan serupa digeber di stadion, opening ceremonial Olimpiade Paris dilakukan di tepi Sungai Seine dengan latar Menara Eiffel, di Jardins du Trocadero, Paris.

Pembukaan Olimpiade 2024 berlangsung pada Jumat (26/7/2024) pukul 17.45 waktu Paris atau Sabtu (25/7) pukul 00.45 WIB. Rencananya upacara pembukaan akan berlangsung di tengah kota, Jardins du Trocadero, Sungai Seine, Paris.

Opening ceremonial Olimpiade 2024 menjadi sejarah bagi olimpaide. Paris mendobrak tradisi dengan untuk kali pertama dalam melaksanakan upacara pembukaan di luar stadion. Identitas Sungai Seine sebagai ikon Paris jadi alasan pemilihan lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk kali pertama dalam sejarah Olimpiade musim panas, upacara pembukaan tidak akan berlangsung di stadion. Olimpiade 2024 Paris akan menawarkan hal baru untuk membawa olahraga ke perkotaan dalam seremoni pembukaan yang akan bergulir di jantung kota utama: Sungai Seine," tulis situs resmi Olimpiade.

Defile atlet dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris juga tidak dilaksanakan di jalanan, tetapi berupa pawai dengan perahu-perahu untuk mengangkut atlet. Setidaknya 10.500 orang tampil dalam acara itu. Mereka bakal diangkut dengan 85 kapal.

Defile itu akan melintas rute sepanjang enam kilometer di Sungai Seine. Rute parade dimulai dari jebatan Austerlitz disamping Jardins du Trocadero dan melewati beberapa tempat bersejarah seperti Ile Saint Louis dan Ile de la Cite. Defile itu finis di Trocadero dan perwakilan kontingen berkumpul di sana.

Selain itu, opening ceremonial Olimpiade 2024 diklaim se...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Joko Sanjaya
Artikel Travel