Batik Marunda Bikin Emak-emak Rusunawa yang Dulu Bokek Kini Cuan

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Batik Marunda menjadi jalan bagi penghuni Rusunawa Marunda untuk menjalankan ekonomi kreatif sekaligus membangun budaya baru. kini, ibu-ibu perajin batik cuan.

Batik Marunda merupakan kreasi batik yang dibuat oleh warga Rusun Marunda, Jakarta Utara. Mayoritas pembuat batik di sana merupakan ibu rumah tangga.

Sebelum mahir dalam menggoreskan cairan malam pada kain, terlebih dahulu mereka melakukan pelatihan untuk memulainya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Batik Marunda baru muncul pada 2014. Selama satu dekade ini, batik itu telah memiliki pelanggan dan cukup diminati.

Salah satu pecanting batik Marunda adalah Saras. Dia sebetulnya merupakan warga Pluit yang kemudian direlokasi ke rusun tersebut.

Setelah pindah ke Rusun Marunda awalnya ia bingung harus melakukan pekerjaan apa dan pada akhirnya bergabung dengan pelatihan membatik hingga akhirnya ia mampu menikmatinya sampai saat ini.

"Saya bingung di sini itu pekerjaan saya apa, nggak punya pekerjaan gitu kan terus ada pelatihan dan saya ikut. Kebetulan alhamdulilah dilatih sampai bisa terus sekarang sampai produksi, sampai menghasilkan cuan bisa membantu keluarga terutama ekonomi suami," ucap Saras kepada detikTravel, Jumat (5/7/2024).

Ia bergabung dengan ibu-ibu pecanting batik Marunda lain di Rusunawa itu pada 2017. Tidak disangka, keputusan itu turut mendongkrak ekonomi keluarganya.

Saras dan beberapa ibu-ibu pecanting batik Marunda lainnya mampu memberikan sumbangsih ekonomi untuk keluarga mereka. Dia tidak menyangka kini memiliki tabungan melalui batik Marunda.

"Kalau ada kebutuhan yang mendadak itu kita udah puny...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel