Astronom Temukan sebuah Planet yang Menetukan Nasib Bumi

Sedang Trending   by: Intan Putri 2 hari yang lalu

loading...

Planet nan Menetukan Nasib Bumi. FOTO/ DAILY

CALIFORNIA - Para astronom telah menemukan sebuah planet nan berkeliaran di Bima Sakti, mengorbit sebuah katai putih. Dengan massa sekitar 1,9 kali massa Bumi, planet ini kemungkinan mendukung kehidupan selama masa hidupnya dan mengorbit sebuah bintang induk.

BACA JUGA - China Berhasil Foto Keseluruhan Planet Mars

Namun, semua kehidupan pasti telah berhujung ketika bintangnya meninggal secara tragis. Peristiwa itu menyebabkan planet tersebut hanyut tanpa adanya style gravitasi.

Penemuan nan dilakukan oleh tim nan dipimpin oleh astronom Keming Zhang dari Universitas California ini memberi kita gambaran sekilas tentang gimana kehidupan suatu hari kelak dapat berhujung di planet kita sendiri dan nasib Bumi setelah Matahari meninggal dan berevolusi menjadi katai putih.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa Matahari bakal menemui ajalnya dalam waktu sekitar satu miliar tahun.

Planet ini terletak di dekat tonjolan pusat galaksi kita dan berjarak sekitar 4.000 tahun sinar dari kita. Para peneliti mempelajari planet ini dengan teleskop Keck 10 meter di Hawaii.

Mereka memandang bahwa planet itu berputar mengelilingi inti padat dan panas dari sebuah bintang nan telah mati. Inti ini, nan dikenal sebagai katai putih, memerlukan waktu triliunan tahun untuk mendingin sepenuhnya.

Bintang berubah menjadi katai putih setelah kehabisan bahan bakar hidrogen untuk melakukan fusi di intinya. Bintang menjadi kurang stabil dan...

Selengkapnya
Sumber Artikel Sains
Author  Intan Putri
Artikel Sains