6 Camilan Enak untuk Pasien Diabetes, Yoghurt Masuk Daftar

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Saat lapar mendera tapi belum waktunya makan maka bisa makan camilan nan sehat. Untuk orang dengan diabetes, ada beberapa aspek nan perlu diperhatikan sebelum memilih camilan agar gula darah tidak melonjak drastis.

Berikut lima kandungan nutrisi nan perlu diperhatikan saat memilih camilan untuk orang dengan diabetes seperti disampaikan mahir nutrisi Novella Lui.

1. Kaya Serat

Serat membantu memperlambat pencernaan dan menunda penyerapan glukosa. Lalu, mengonsumsi serat secara teratur dapat membantu meningkatkan kontrol glikemik dan sensitivitas insulin, menurut meta-analisis tahun 2021 dalam Journal of Functional Foods.

2. Lemak Sehat

Lemak sehat bisa didapatkan dari alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Lemak sehat membantu merasa kenyang lebih lama, menurut penelitian tahun 2019 dalam European Journal of Clinical Nutrition, terutama jika dikonsumsi dengan serat.

Kemudian, bersama-sama dengan protein dan serat, lemak dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah untuk mencegah lonjakan dan penurunan gula darah secara tiba-tiba.

3. Rendah Garam

Bukan hanya untuk pasien hipertensi, pasien diabetes juga perlu diet garam. Menurut CDC, orang dengan glukosuria punya akibat dobel terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka nan tidak menderita penyakit...

Selengkapnya
Sumber Artikel Health
Author  Dayak Santoso
Artikel Health