Wow! Embun Upas Selimuti Bromo, Jangan Salah Kostum, yang Asma Ekstra Waspada

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Penurunan suhu udara ekstrem di Jawa Timur menyebabkan munculnya fenomena embun es atau embun upas di Gunung Bromo, wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Berikut sejumlah saran yang perlu diperhatian bagi traveler yang berkunjung ke sana.

Kepala Bagian Tata Usaha Septi Eka Wardhani mengatakan fenomena embun es atau biasa disebut embun upas oleh masyarakat lokal atau frost itu merupakan fenomena yang lumrah terjadi di TNBTS, khususnya saat musim kemarau

Menurut Septi, embun upas terjadi karena udara dingin akibat angin munson timur yang berembus dari Australia. Fenomena itu terjadi ketika suhu udara cukup dingin berkisar antara 5-9 derajat celsius.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia pun menyarankan kepada traveler yang hendak mengunjungi kawasan Wisata Bromo membawa perlengkapan yang memadai untuk menghadapi suhu dingin.

"Di antaranya dengan menggunakan pakaian dan jaket tebal, memakai sarung tangan, dan penutup kepala atau kerpus," kata Septi seperti dikutip dari detikJatim Rabu (17/7/2024).

"Bagi yang memiliki riwayat penyakit asma, harap berhati-hati dan menjaga kondisi tubuhnya sebaik mungkin," Septi menambahkan.

Menurut Septi embun upas itu tidak muncul sepanjang hari. Embun upas muncul pada waktu tertentu.

"Dan, hanya dijumpai pada pagi hari, atau sebelum matahari terbit dengan sempurna. Embun upas akan menghilang saat matahari mulai meninggi," kata Septi.

Septi menambahkan bahwa pada musim kemarau cuaca cenderung lebih dingin karena adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem.

"Kemunculan embun upas yang membeku menyerupai salju membuat kawasan w...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dewi Lestari
Artikel Travel