Wisma Atlet Olimpiade Surfing Bukan di Paris, tapi di Kapal Pesiar Mewah di Tahiti

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Kampung atlet Olimpiade 2024 tidak hanya ada di Paris, namun ada pula di Tahiti. Rumah tinggal buat atlet surfing itu bukan bangunan tapak, tetapi wisma atlet terapung nan mewah.

Wisma terapung itu berupa kapal pesiar mewah Aranui 5 yang berada 15.000 km dari Paris. Kapal itu mengapung di lepas pantai Pulau Tahiti di Polinesia Prancis, 45 menit dari lokasi cabang olahraga surfing di Teahupo'o.

Merujuk sejumlah sumber, Aranui 5 terdaftar sebagai kapal penumpang berdasarkan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS), untuk operasi internasional. Dalam operasional reguler, Aranui 5 memulai perjalanan wisata dari Pelabuhan Papeete, Polinesia Prancis kemudian berlayar selama 12 hari dan berhenti di atol Rangiroa dan Tuamotu kemudian kembali ke Tahiti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aranui 5, wisma atlet untuk cabang olahraga surfing di Olimpaide 2024 Paris.Aranui 5, wisma atlet untuk cabang olahraga surfing di Olimpiade 2024 Paris. (Jerome Brouillet/AFP)

Kapal itu menjadi wisma atlet terapung pertama sepanjang sejarah olimpiade. Indonesia pernah menyediakan edifice terapung untuk gelaran multievent olahraga, yakni saat SEA Games 2011 di Palembang. Saat itu, wisma atlet ditempati wasit dan perangkat pertandingan.

Daya tampung Aranui 5 itu mencapai 230 penumpang di lebih dari 100 kabin. Kapal itu dilengkapi deng...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel