Waduh! 4 Alat Pantau Aktivias Semeru Raib Dicuri

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 2 bulan yang lalu

Lumajang -

Alat pemantau aktivitas Gunung Semeru di Stasiun Pemantau Desa Klepu hilang dicuri orang. Pemantauan aktivitas pun dialihkan.

Hilangnya alat pemantau tersebut baru diketahui setelah Petugas Pengamatan Gunung Api Semeru melihat tidak adanya aktivitas pemantauan dari Pos Pantau Stasiun Klepu sejak 31 Juli 2024.

Petugas Pengamatan Gunung Semeru melakukan pengecekan ke lokasi dan mendapati gembok pagar serta gembok bungker digergaji. Akibatnya, 4 buah accu di Stasiun Klepu raib dicuri orang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alat-alat tersebut memiliki fungsi penting untuk pengamatan aktivitas Gunung Semeru. Akibat hilangnya alat pemantauan di Stasiun Klepu, Alat pemantau Gunung Semeru yang berada di Kopirejo Kecamatan Wajak kabupaten Malang tidak terkoneksi.

Pemantauan aktivitas Gunung Semeru saat ini dilakukan di Pos Pantau yang berada di Gunung Sawur yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang.

"Setelah hilangnya alat pemantauan di Stasiun Klepu, Proses pemantauan aktivitas Gunung Semeru dilakukan dari Gunung Sawur di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru Liswanto kepada detikJatim, Selasa (6/8/2024).

Jarak Pos Pengamatan Gunung Semeru dan Gunung Sawur, jelas dia, berjarak 12 Km. Pemantauan ini dilakukan petugas secara bergantian atau sistem piket.

"Biasanya petugasnya bergantian. Sistem piket," tegasnya.

Pihaknya sudah melaporkan hilangnya alat pantau tersebut ke Polsek Sumber Manjing Wetan.

"Atas hilangnya alat pantau tersebut, kita sudah melaporkan ke Polisi ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dewi Lestari
Artikel Travel