Trenggono Bidik Pasar Rusia untuk Genjot Ekspor Produk Perikanan

Sedang Trending   by: Intan Putri 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono tengah membidik pasar Rusia untuk meningkatkan nilai ekspor produk perikanan. Hal ini dinilai krusial bagi Indonesia untuk memperluas potensi di pasar perikanan dunia dan memperkuat kemitraan internasional.

Selain itu, perdagangan produk perikanan antara Indonesia dan Rusia telah menunjukkan peningkatan dalam lima tahun terakhir, khususnya komoditas rumput laut. Trenggono mengungkapkan upaya penguatan perdagangan perikanan ke Rusia dilakukan dengan mendaftarkan perusahaan Indonesia agar dapat melaksanakan ekspor ke Rusia, serta merealisasikan kerja sama perikanan dengan otoritas negara Beruang Merah.

KKP juga berperan-serta dalam Global Fishery Forum dan Seafood Expo nan diselenggarakan oleh Federal Agency for Fisheries Pemerintah Federasi Rusia pada pertengahan September ini. Pada aktivitas tersebut, Trenggono berjumpa langsung dengan Wakil Perdana Menteri Rusia, Patrushev Dmitry Nikolayevich.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Expo ini krusial bagi Indonesia untuk memperluas potensi di pasar perikanan global, mengeksplorasi kesempatan upaya baru, dan memperkuat kemitraan internasional. Dengan Rusia, terdapat potensi perdagangan produk perikanan nan signifikan," beber Trenggono dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (19/9/2024).

Ia menjelaskan ekspor produk perikanan Indonesia ke Rusia menunjukkan tren positif dilihat dari info 2023. Udang menjadi komoditas utama nan menyumbang senilai US$ 11,53 juta alias 45,4% dari total ekspor perikanan ke Rusia. Disusul rumput laut nan menyumbang senilai US$ 5,87 juta alias 23,1%, dan telur ikan serta...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Intan Putri
Konten Bisnis